10 Makanan Sehat Ini Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil sangat penting sekali untuk memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsinya. Hal ini karena makanan yang masuk kedalam perutnya akan mempengaruhi pula terhadap kesehatan bayi yang dikandungnya.

Ada bebeapa mitos yang sampai saat ini mungkin masih berlaku dibeberapa daerah. Katanya, seorang ibu hamil harus makan 2 kali lebih banyak dari porsi biasanya. Ini dikarenakan kebutuhan makanan tersebut akan terbagi antara sang ibu dan janin. Padahal, hal seperti ini sebetulnya kurang tepat. Yang benar adalah seorang ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih bergizi.

Apakah Anda sudah tahu apa saja makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil? Berikut adalah 10 makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.
makanan untuk ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil via healthyvitagarden.com
1. Daging tanpa lemak
Untuk ibu yang sedang hamil disarankan juga sesekali untuk makan daging supaya kebutuhan protein dan nutrisi lainnya terpenuhi dengan baik. Seperti yang kita ketahui, daging adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein hewani didalamnya. Disarankan untuk memilih daging tanpa lemak supaya setelah melakukan proses melahirkan tidak menjadi gemuk.

2. Susu tanpa lemak
Setiap gelas susu tanpa lemak bisa mencukupi sekitar 30% kebutuhan gizi kalsium dari total kebutuhan badan yang dianjurkan. Pada umumnya, seorang ibu hamil akan menyerap kalsium pada makanan sekitar 2x lipat lebih banyak dari biasanya. Jadi, jika Anda ingin memenuhi kebutuhan kalsium tersebut, Anda bisa memilih susu tanpa lemak sebagai solusinya.

3. Minyak zaitun
Minyak zaitun dikenal memiliki khasiat yang luar biasa dalam menghaluskan kulit. Ternyata, olive oil ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil agar tidak kasar dan tetap elastis. Bahkan, beberapa ibu hamil memakai minyak zaitun untuk menggoreng karena dipercaya mempunyai dampak baik terhadap kesehatan mereka.

4. Oatmeal
Bagi seorang ibu hamil, oatmeal bisa menjadi salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada oatmeal salah satunya adalah karbohidrat kompleks yang bisa membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal juga bisa baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

5. Kacang-kacangan
Lemak adalah salah satu nutrisi penting yang bagus untuk perkembangan otak janin. Lemak memang bisa diperoleh dari daging, tapi akan jauh lebih baik bila lemak tersebut Anda peroleh dari kacang-kacangan.

6. Umbi-umbian
Makanan yang termasuk kedalam jenis umbi-umbian seperti ubi jalar, ubi ungu, dan ubi lainnya, mempunyai kandungan nutrisi karotenoid yang bermanfaat bagi ibu hamil. Nutrisi karotenoid ini akan mengubah pigmen tanaman menjadi vitamin A ketika tubuh sedang memerlukan saja.

7. Ikan salmon
Ikan salmon adalah makanan sehat berikutnya yang aman dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan salmon memiliki lemak omega-3 yang akan bermanfaat untuk kecerdasan otak sang janin.

8. Yogurt
Makanan olahan dari susu ini mungkin menjadi salah satu menu favorit oleh ibu hamil. Selain mudah didapat, yogurt juga memiliki nutrisi yang cukup banyak dan baik untuk masa kehamilan.

9. Roti Gandum
Jika Anda sedang hamil dan suka mengonsumsi roti tawar, sebaiknya diganti dengan roti gandum. Dibandingkan roti tawar, roti gandung memiliki kandungan gizi lebih lengkap dan bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

10. Buah dan Sayur
Bicara soal makanan sehat, kedua jenis makanan ini tidak perlu diragukan lagi mengenai manfaatnya. Oleh karena itu, seorang ibu hamil sebaiknya tidak pernah lupa untuk memasukkan buah dan sayur kedalam menu hariannya.