12 Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Seledri merupakan salah satu jenis tumbuhan serba guna yang selain dapat digunakan sebagai bumbu pada setiap masakan, seledri juga mempunyai banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Memang sudah sejak lama sekali daun seledri dimanfaatkan sebagai bahan penyedap masakan, karena daun seledri sendiri mempunyai aroma yang begitu khas yang dapat meningkatkan selera makan seseorang.

Di negara-negara belahan eropa dan negara Jepang, bisa dikatakan tidak ada yang mubazir untuk tumbuhan seledri. Karena, baik batang, daun, maupun biji bunganya selalu dimanfaatkan sebagai bumbu maupun penambah aroma pada suatu masakan. Sedangkan di negara Indonesia sendiri, tumbuhan seledri baru dikenal pertama kali sejak zaman masa penjajahan belanda. Hingga sampai saat ini, tumbuhan seledri rupanya telah menjadi salah satu bumbu pelengkap yang tidak boleh terlewatkan dalam masakan nusantara.
manfaat seledri
Ilustrasi tumbuhan seledri via tokopedia.com
Seperti yang dikatakan sebelumnya, seledri itu bukan hanya sebatas pelengkap saja pada masakan. Akan tetapi, tumbuhan seledri juga masuk kedalam jenis makanan sehat karena mempunyai banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh kita. Berikut ini setidaknya terdapat 12 manfaat seledri yang mesti diketahui.

Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

1. Membantu melancarkan program diet
Perlu kita ketahui bahwa untuk satu batang seledri hanya mengandung kurang lebih 10 kalori saja. Hal ini tentu sangat cocok bagi Anda yang mungkin sedang menjalani program menurunkan berat badan. Anda bisa menjadikan seledri sebagai camilan yang menyehatkan.

2. Meningkatkan penglihatan
Bukan hanya wortel saja yang seringkali di identikan untuk menjaga kesehatan mata. Akan tetapi, tumbuhan seledri juga kaya akan kandungan vitamin A yang mampu meningkatkan ketajaman penglihatan Anda. Makan seledri secara teratur mampu mencegah terjadinya kerusakan penglihatan yang mana biasanya hal itu bisa terjadi dikarenakan faktor usia.

3. Mencegah peradangan
Sifat alami yang terkandung pada tumbuhan seledri ternyata mampu menyeimbangkan kembali kadar pH didalam tubuh, sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya peradangan.

4. Mengandung garam sehat
Garam beryodium memang sehat, namun didalam seledri juga terdapat kandungan sodium atau garam yang masuk kedalam kategori sehat. Sehingga hal ini tidaklah mengapa bila seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi mengonsumsi seledri.

5. Menjadikan tubuh lebih bersemangat
Sekarang ini sudah banyak sekali produk minuman yang mengklaim mampu mengembalikan energi yang hilang dalam tubuh. Akan tetapi Anda juga bisa kok mendapatkan energi kembali dengan cara minum segelas jus seledri. Selain tidak mengandung bahan kimia, manfaat seledri tentu tidak kalah dengan minuman-minuman yang sudah banyak beredar sekarang.

6. Mengurangi stres
Stres bisa menghampiri siapa saja dan kapan saja. Untuk membantu mengurangi tingkat stres yang sedang dialami, cobalah makan seledri sebelum Anda beranjak untuk tidur. Kandungan magnesium dan minyak esensial didalamnya mampu membantu Anda untuk lebih tenang sehingga nantinya tidur Anda akan lebih berkualitas.

7. Menyehatkan sistem pencernaan
Tumbuhan seledri sebagian besar terdiri dari serat makanan dan air. Dengan kedua bahan alami inilah sistem pencernaan Anda akan terjaga kesehatannya. Selain itu seledri juga bermanfaat untuk mencegah sembelit.

8. Menyehatkan ginjal
Makan seledri secara teratur dapat membantu menghilangkan racun-racun yang ada didalam tubuh. Dengan begitu, tubuh Anda akan jauh lebih bersih dan ginjal pun akan berfungsi secara optimal. Serta, seledri juga dapat membantu mengurangi pembentukkan batu ginjal.

9. Mengurangi kolesterol
Tumbuhan seledri mengandung senyawa alami yang disebut dengan Butylphtalide. Senyawa tersebut bermanfaat untuk membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat didalam tubuh. Selain itu, senyawa alami inilah yang membuat seledri mempunyai aroma yang begitu khas.

10. Mencegah kanker
Kanker merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Salah satu cara untuk mengurangi risiko kanker adalah dengan makan seledri secara teratur. Kandungan zat alami yang disebut dengan lutein flavonoid bekerja secara aktif untuk mencegah terjadinya pertumbuhan kanker dalam tubuh. Sebuah penelitian pun menunjukkan bahwa makan seledri secara teratur mampu menurunkan risiko kanker usus besar, pankreas, dll.

11. Menurunkan tekanan darah
Anda mempunyai tekanan darah tinggi? Mengonsumsi seledri mentah dapat diandalkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. Kandungan senyawa alami didalamnya yang bernama phtalides mampu meningkatkan sirkulasi darah.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh
Seledri kaya akan kandungan vitamin A dan juga vitamin C. Kedua vitamin tersebut mempunyai sifat sebagai antioksidan penting yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, tubuh Anda pun tidak akan mudah untuk terserang penyakit.

Ternyata cukup banyak juga ya manfaat seledri untuk kesehatan. Kalau Anda suka makan bubur atau masakan tertentu seperti hal nya sop, jangan lupa untuk memasukan makanan sehat seperti seledri kedalamnya ya. Baca juga artikel kami sebelumnya, 5 makanan enak ini dapat mengontrol rasa lapar