5 Makanan Enak Ini Dapat Mengontrol Rasa Lapar

Nafsu makan yang tidak terkontrol tentu akan sangat merepotkan terutama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Karena bagaimana pun juga, nasfu makan yang tidak terkendali inilah yang membuat sebagian besar orang gagal ketika sedang menjalani program menurunkan berat badan.

Memang tidak mudah bagi kita untuk mengendalikan nafsu makan, namun bukan berarti kita tidak mungkin untuk bisa mengendalikannya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol nafsu makan kita. Namun, cara yang satu ini sangatlah mudah dan mungkin bisa jadi cara ini adalah cara yang paling enak untuk dilakukan. Kenapa demikian? Karena kita akan mengatasinya dengan mengonsumsi makanan sehat dan juga enak. Nah, berikut ini adalah 5 makanan enak dan sehat yang dapat mengontrol rasa lapar Anda.
cara mengontrol lapar dengan makanan

1. Telur
Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, orang yang disetiap pagi harinya mengonsumsi telur kemungkinan besar akan mengonsumsi lebih sedikit kalori disepanjang harinya. Penelitian lainnya pun telah menunjukkan bahwa ternyata makan telur itu mampu mengontrol rasa lapar selama 24 jam.

2. Raspberry
Raspberry banyak mengandung vitamin C, mangan, dan juga potasium. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi yang ada pada raspberry mampu melindungi tubuh dari serangan kanker, stroke, hipertensi, penyakit jantung, dan lain-lain. Selain itu raspberry juga dikenal akan kemampuannya yang dapat mengontrol nafsu makan. Dalam satu cangkir raspberry beku ternyata hanya mengandung 80 kalori dan 9 gram serat. Kandungan serat inilah yang dapat menjadikan seseorang mesasa kenyang lebih lama.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang paling tepat untuk mencegah rasa lapar sekaligus mengontrol nafsu makan. Hal ini dikarenakan kacangan-kacangan kaya akan serat, protein, dan zat tepung yang membuatnya cukup lama untuk dicerna. Sebuah penelitian yang telah diterbitkan di Journal of Human Nutrition and Dietetics menemukan bahwa orang yang mempunyai berat badan berlebih akan lebih cepat berkurang berat badannya bila mengonsumsi kacang-kacangan.

4. Apel
Untuk membantu supaya tidak mudah lapar cobalah konsumsi buah apel. Sebuah penelitian menujukkan bahwa makan sebuah apel 20 menit sebelum beranjak makan malam akan mampu mengurangi jumlah makan yang akan dikonsumsi pada saat makan. Untuk itu konsumsilah buah apel setiap hari supaya kebutuhan serat harian Anda dapat terpenuhi dengan baik sehingga mencegah Anda supaya tidak mudah merasa lapar.

5. Rumput laut
Meskipun rumput laut seringkali hadir sebagai hiasan pada masakan tertentu, namun nyatanya rumput laut juga bermanfaat untuk membantu menekan rasa lapar dan juga mengontrol nafsu makan yang tidak terkendali. Tahukah Anda kenapa hal itu bisa terjadi? Karena rumput laut diketahui banyak mengandung serat dan juga protein.

Nah, itulah beberapa makanan sehat dan enak yang dapat Anda manfaatkan untuk mengontrol nafsu makan sekaligus mengusir rasa lapar. Supaya manfaatnya lebih terasa, jangan lupa untuk mulai merutinkan mengonsumsi beberapa makanan sehat yang telah disebutkan diatas. Selamat mencoba ya...

simak juga artikel yang satu ini, jaga perut Anda dengan 7 makanan sehat ini