Waktu Yang Tepat Buat Minum Jus

Jus adalah salah satu jenis minuman menyehatkan yang paling banyak digemari oleh semua orang. Rasanya yang enak serta membuat tubuh lebih sehat merupakan 2 alasan kenapa banyak sekali orang yang menyukainya. Selain itu, jus juga seringkali hadir dalam setiap restoran, karena memang warna jus sendiri sangatlah beragam dan sangat menarik untuk dilihat.

Minum jus akan lebih terasa manfaatnya kalau kita membuatnya tanpa gula tambahan atau susu full cream kedalamnya. Buah dan sayur adalah 2 jenis makanan yang paling banyak dijadikan jus, karena seperti yang kita ketahui bahwa kedua jenis makanan tersebut sama-sama menyehatkan.
Waktu Yang Tepat Buat Minum Jus
Ilustrasi jus via ecoki.com
Minum jus secara rutin sangatlah baik karena selain mengandung serat yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan kita, jus buah dan sayur juga memiliki sejumlah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Anda boleh minum jus kapan saja, akan tetapi ada juga waktu-waktu tertentu yang membuat minum jus lebih disarankan. Waktu-waktu tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Ketika banyak makan lemak
Pola makan sehat dan seimbang itu sangat perlu karena hal itu berguna untuk kesehatan tubuh kita. Kita tentu tahu bahwa makanan yang banyak mengandung lemak jahat tidaklah baik terhadap kesehatan. Oleh karena itu, bila Anda memesan makanan yang banyak mengandung lemak sebaiknya pilihlah jus sebagai teman minum Anda. Hal ini dikarenakan jus bermanfaat untuk meluruhkan lemak yang mengendap sehingga dapat membuat sistem pencernaan lebih bersih. Cobalah untuk memilih jus semangka, lemon, nanas, atau mentimun guna menurunkan kelebihan lemak dalam pencernaan.

2. Ketika sembelit
Anda punya masalah dengan sembelit? Jus jambu atau pepaya merupakan minuman yang paling tepat untuk membantu melancarkan kembali susah buang air besar. Selain itu, bila Anda kurang suka dengan jambu atau pepaya, Anda juga bisa kok menggantinya dengan nanas atau pun mangga. Minum jus di pagi hari merupakan langkah awal yang baik untuk menjaga sistem pencernaan Anda.

3. Ketika mengalami infeksi saluran kemih
Minum jus cranberry sangatlah baik buat menghambat pengikatan bakteri ke jaringan kandung kemih, sehingga hal ini bisa Anda manfaatkan juga buat mencegah infeksi saluran kemih. Bilamana Anda merasa kesulitan untuk memperoleh buah cranberry, Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan jenis berry lainnya, jeruk, atau bisa juga dengan anggur.

Itulah beberapa waktu yang tepat untuk minum jus. Namun, minum jus setiap hari juga tidak ada salahnya malahan itu juga baik untuk kesehatan Anda. Yang terpenting adalah jangan menunggu sampai sakit kemudian Anda rajin minum jus. Semoga bermanfaat ya...