10 Makanan Ini Banyak Mengandung Air

Sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu air merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi manusia. Bahkan bukan hanya manusia saja, semua makhluk hidup didunia ini sangat memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap harinya tubuh kita membutuhkan cairan. Para ahli kesehatan pun menyarankan kepada kita untuk minum setidaknya 8 gelas air putih disetiap harinya. Minum air putih secara teratur dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita sangatlah penting. Hal ini tentu akan memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh, misalnya tubuh akan terhindar dari dehidrasi, membuat otak lebih mudah berkonsentrasi, dan lain sebagainya.

Selain memperbanyak minum air putih, rupanya ada juga lho beberapa jenis makanan yang banyak mengandung air didalamnya. Apakah Anda sudah tahu apa saja makanan tersebut? Nah, berikut ini merupakan 10 makanan sehat yang banyak mengandung air.
Makanan Banyak Mengandung Air
1. Mentimun
Mentimun mempunyai kandungan air sekitar 96% sehingga makanan ini dinobatkan sebagai makanan dengan kadar air yang tertinggi. Makan mentimun dapat membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Selain dapat dinikmati secara langsung, mentimun juga dapat Anda konsumsi dalam bentuk jus.

2. Selada
Tidak jauh berdeda dengan mentimun, rupanya selada mengandung 95% air didalamnya. Selain itu selada juga kaya akan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

3. Seledri
Kandungan air didalam seledri cukup banyak dan ia juga tinggi akan serat dan nutrisi. Kandungan air dalam seledri mampu menyehatkan pencernaan dan dapat mengekang nafsu makan. Selain itu seledri juga bisa menjadi teman makan diet Anda karena hanya mengandung 6 kalori saja.

4. Lobak
Lobak salah satu jenis sayur-sayuran yang banyak mengandung air. Selain itu lobak juga mengandung beberapa nutirisi penting seperti zat antioksidan, vitamin, dan kalium.

5. Tomat
Tomat terdiri dari 94% air, tomat sangat efektif untuk menghidrasi tubuh Anda. Biasanya tomat paling nikmat disajikan dalam bentuk jus, namun Anda juga dapat menjadikan tomat sebagai camilan yang menyehatkan.

6. Semangka
Buah semangka mempunyai kadar air yang hampir mencapai 91%. Dibandingkan dengan jenis buah lainnya, buah semangka ini paling banyak mengandung air. Selain itu, buah semangka juga memiliki kandungan lycopene yang baik untuk melawan kanker.

7. Paprika
Hanya sedikit saja yang tahu bahwa paprika itu mengandung banyak air didalamnya, terlebih lagi pada paprika hijau. Anda boleh saja menikmati paprika secara langsung atau bisa juga diolah untuk dijadikan salad atau Anda juga bisa kok menikmatinya dengan cara dimasukkan kedalam masakan.

8. Stroberi
Selain semangka, buah stroberi juga rupanya memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain itu, buah stroberi juga banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan yang paling penting, buah stroberi itu bisa di konsumsi secara langsung atau dibikin jus. Pilih saja dengan cara seperti apa Anda menikmatinya.

9. Brokoli
Brokoli banyak mengandung serat didalamnya dan itu baik untuk kesehatan pencernaan. Disamping itu, brokoli juga terdapat kandungan air yang cukup tinggi yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

10. Bayam
Bayam memang mengandung air. Selain itu bayam juga tinggi akan lutein, kalium, folat, serat, dan nutrisi lainnya yang membuat bayam sering disebut makanan menyehatkan.

Minum air putih memang sangat disarankan dan untuk melengkapinya Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat diatas yang tentunya dapat membantu tubuh Anda supaya lebih sehat dan bugar.