5 Manfaat Alfalfa Bagi Kesehatan

Apakah Anda sudah tahu apa itu alfalfa? Alfalfa merupakan salah satu jenis tanaman yang diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tanaman yang mempunyai nama latin Medicago Sativa ini masuk kedalam keluarga kacang-kacangan. Tanaman ini dapat tumbuh hingga satu meter yang disertai dengan adanya bunga kecil berwarna ungu.

Pada umumnya alfalfa sering digunakan sebagai makanan ternak, akan tetapi alfalfa rupanya bermanfaat juga bagi manusia. Biasanya alfalfa dikonsumsi dalam bentuk batang, kecambah, ataupun daun kering. Saat ini suplemen alfalfa juga telah tersedia dalam bentuk bubuk, teh, dan tablet. Kandungan nutrisi yang tersimpan pada alfalfa diantaranya adalah magnesium, kalsium, kalium, fosfor, serta zat besi. Selain itu alfalfa juga memiliki sejumlah vitamin B, C, E, dan K.

Dengan kandungan nutrisinya yang cukup beragam, maka hal ini tentu saja akan memberikan manfaat kesehatan terhadap tubuh Anda. Berikut adalah 5 manfaat alfalfa bagi kesehatan.

Manfaat dan Khasiat Alfalfa

manfaat tanaman alfalfa
Tanaman alfalfa kaya nutrisi via homeremediesweb.com
1. Mencegah penyakit jantung & stroke
Manfaat pertama dari alfalfa adalah membantu mengendalikan kolesterol darah yang sekaligus menghilangkan kolesterol jahat didalam tubuh. Disamping itu alfalfa juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembentukkan plak pada dinding arteri sehingga hal itu akan memperkecil risiko Anda untuk terserang penyakit jantung dan stroke.

2. Menurunkan gula darah
Tanaman alfalfa bermanfaat juga untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Tanaman herbal ini memang baik untuk seseorang yang sedang menderita diabetes, terutama untuk mereka yang tubuhnya sudah tidak mampu lagi merespon insulin.

3. Mencegah edema
Tanaman alfalfa memiliki sifat diuretik yang efektif untuk menghilangkan retensi air didalam tubuh. Dengan demikian, alfalfa membantu Anda untuk terhindar dari edema.

4. Mengurangi gejala menopause
Tanaman alfalfa ternyata baik juga untuk kaum perempuan terutama dalam hal mengurangi gejala menopause. Hal ini bisa terjadi karena beberapa zat didalam alfalfa berfungsi seperti estrogen.

5. Mengatasi gangguan pencernaan
Selain mengonsumsi buah dan sayur, gangguan pada sistem pencernaan pun bisa juga diatasi dengan tanaman alfalfa yang sekaligus bermanfaat pula untuk mendetoks tubuh. Disamping itu alfalfa juga baik untuk mengurangi kekakuan persendian dan juga nyeri otot.

Biasanya alfalfa dikosumsi dalam bentuk suplemen atau kecambah. Selain itu mengonsumsi alfalfa dalam bentuk teh juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pemurnian darah, membantu sistem pencernaan, dan lain-lain.

Perlu di ingat juga bahwa Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi alfalfa dalam keadaan mentah. Hal itu dikarenakan alfalfa bisa memicu terjadinya infeksi Salmonella Saintpaul. Disamping itu mengonsumsi dalam jumlah berlebihan pun tidak disarankan karena dapat memicu terjadinya kerusakan pada sel darah merah. Seorang wanita hamil dan juga pasien transplantasi ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi tanaman yang satu ini.