5 Manfaat Makan Bawang Putih

Anda tentu tahu bawang putih bukan? Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang mungkin hampir selalu ada pada setiap jenis masakan Indonesia. Kehadiran bawang putih memang sangat berpengaruh pada masakan, yaitu dapat menambah citarasa serta dapat memberikan aroma yang sedap terhadap masakan tersebut.

manfaat bawang putih
Selain banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, rupanya bawang putih ini menyimpan berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Salah satu manfaat makan bawang putih adalah untuk mencegah kanker. Menurut sebuah penelitian, mengunyah bawang putih mentah ternyata dapat mengurangi seseorang dari risiko kanker paru-paru. Hal ini dapat terjadi karena bawang putih mengandung sejumlah antioksidan seperti halnya alicin, antibiotik, dan anti-inflamasi. Senyawa didalam bawang putih tersebut kemungkinan mampu menurunkan berkembangnya sel tumor di paru-paru.

Manfaat makan bawang putih yang kedua adalah untuk mengatasi flu. Semangkuk sup hangat cukup efektif untuk membantu mengatasi mereka yang sedang masuk angin dan flu. Masukkan kaldu ayam dan juga bawan putih. Protein didalam kaldu ayam dapat membantu penyembuhan sementara, sedangkan bawang putih memberikan aroma dan rasa yang membantu Anda untuk lebih meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat makan bawang putih selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Bawang putih mengandung sejumlah antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Pada saat mengunyah bawang putih, kandungan didalamnya akan bekerja membantu mengatasi masalah jerawat dari dalam. Cara ini cukup efektif untuk meredakan jerawat secara alami.

Manfaat mengonsumsi bawang putih yang ke-4 adalah untuk menurunkan berat badan. Bawang putih sangat cocok untuk menemani menu diet harian Anda. Ketika Anda hendak menikmati menu makanan sehat, jangan lupa untuk menambahkan bawang putih didalamnya. Selain rasanya lebih asyik, bawang putih juga cukup ramah untuk lingkar pinggang Anda.

Manfaat bawang putih yang ke-5 yaitu untuk membantu mencegah penyakit jantung. Para ahli telah mengatakan bahwa rutin mengonsumsi bawang putih mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung yang diakibatkan oleh adanya kolesterol berlebih.

Nah, itulah manfaat makan bawang putih yang harus Anda ketahui. Mulai dari sekarang jangan lupa untuk selalu menambahkan bawang putih pada menu masakan Anda. Tapi ingat, jangan makan bawang putih dalam jumlah yang berlebihan juga ya...