Ternyata, Buah Kesemek Menyimpan 7 Manfaat Unik

Anda tentunya pernah mendengar buah kesemek, iya kan? Bila dilihat secara sekilas, buah ini memang tidak mempunyai daya tarik kuat seperti yang dimiliki oleh buah-buahan yang lainnya. Penampilannya yang terlihat begitu sederhana membuat banyak orang yang memandangnya dengan sebelah mata. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata manfaat buah kesemek itu cukup unik lho bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak sampai tuntas ya artikel berikut ini.

Pohon kesemek mempunyai struktur unik tersendiri yang mampu berdiri hingga mencapai 40-50 meter. Pohon yang mampu tumbuh hingga 25 kaki ini dapat tumbuh dengan hasil terbaik bila berada di wilayah yang mempunyai musim dingin dan musim panas. Sebagaimana jenis buah-buahan yang lainnya, buah kesemek juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup beragam. Nutrisi tersebut diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karbohidrat, protein, energi, serat, kolin, kalium, zat besi, magnesium, mangan, zinc, fosfor, lycopene, lutein zeaxanthin, dan masih banyak lagi yang lainnya.
manfaat unik buah kesemek
Lezatnya buah kesemek via twopeasandtheirpod.com
Di negara inggris buah kesemek dikenal dengan nama persimmon. Sedangkan di Cina, buah kesemek dikenal dengan sebutan shi. Manfaat buah kesemek rupanya tidak terlalu jauh berbeda dengan buah apel. Bahkan, buah kesemek bisa juga lebih unggul dalam beberapa kandungan vitaminnya. Nah, berikut ini adalah 7 manfaat buah kesemek yang baik bagi tubuh.

7 Manfaat Unik Buah Kesemek


1. Menyehatkan mata
Buah kesemek banyak mengandung vitamin A yang tentu saja bermanfaat untuk menjaga mata supaya tetap sehat. Selain itu kesemek juga dapat diandalkan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada retina, mencegah katarak, dan mampu memperkuat penglihatan Anda.

2. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi buah kesemek dapat membantu menurunkan berat badan karena buah yang satu ini kaya akan serat. Biasanya, buah yang banyak mengandung serat akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga hal ini dapat menahan Anda supaya tidak mudah lapar. Disamping itu, buah kesemek juga akan membantu Anda untuk mengurangi keinginan mengonsumsi makan makanan yang manis.

3. Meningkatkan sistem pencernaan
Serat yang terkandung pada buah kesemek juga tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, melainkan serat juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan bagus untuk mencegah sembelit. Buah kesemek juga kaya akan tanin yang bermanfaat untuk melindungi usus sekaligus mencegah diare.

4. Meningkatkan sistem metabolisme
Bila Anda mempunyai keluhan dengan sistem metabolisme tubuh, maka buah kesemek bisa membantu mengatasi masalah Anda. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin B pada buah kesemek akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga hal tersebut akan berdampak pula terhadap peningkatan energi serta efisiensi keseluruhan fungsi tubuh.

5. Menurunkan tekanan darah
Didalam buah kesemek tersimpan mineral dan kalsium dalam jumlah yang cukup besar. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sekaligus menyehatkan organ jantung.

6. Meningkatkan sistem imun
Makan buah kesemek ternyata memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap sistem kekebalan tubuh Anda. Mengonsumsi kesemek akan meningkatkan sistem imun sehingga tidak mudah untuk terserang penyakit seperti flu dan batuk.

7. Membuat awet muda
Untuk terlihat awet muda, Anda tidak selamanya harus mengeluarkan biaya selangit. Buah kesemek juga mempunyai sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat dalam mengurangi terjadinya kerusakan sel tubuh dan juga menghambat terjadinya proses penuaan dini.

Itulah 7 manfaat buah kesemek yang mungkin belum diketahui oleh Anda. Setelah mengetahui manfaatnya, rasanya rugi juga kalau Anda tidak sampai merasakan khasiatnya, iya kan?