Hangat dan Gurihnya Kaldu Menyimpan 5 Manfaat Sehat Ini

Di musim penghujan seperti ini, makan makanan yang hangat tentunya bisa menjadi menu yang paling tepat untuk mengusir dingin dalam tubuh Anda. Salah satu makanan hangat yang cukup populer di musim hujan adalah kaldu hangat. Kaldu sendiri dibuat dari rebusan daging atau sayur-sayuran dengan rasa yang begitu gurih. Hangat dan gurihnya kaldu akan membuat suasana hati meningkat dan tubuh pun akan terasa hangat.
manfaat kaldu
Hangat dan gurihnya kaldu via culinarysalute.wordpress.com
Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata hangat dan gurihnya kaldu menyimpan 5 manfaat sehat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Bila Anda penasaran ingin tahu apa saja manfaatnya, langsung saja simak ulasannya seperti berikut ini.

Manfaat Kaldu Bagi Kesehatan


1. Kaya akan mineral
Kaldu memang mempunyai rasa gurih yang begitu kentara. Namun bukan hanya itu saja, kaldu juga ternyata kaya akan kandungan mineral. Beberapa mineral yang terdapat pada kaldu diantaranya adalah kalsium, magnesium, dan juga fosfor. Disamping itu,  kaldu juga memiliki kandungan gelatin, kolagen, serta banyak asam amino esensial yang sangat mudah untuk diserap tubuh.

2. Membuat kulit tampak lebih cantik
Anda ingin memiliki kulit cantik dengan cara yang sangat menyenangkan? Cobalah untuk mengonsumsi kaldu secara rutin. Kaldu mampu membuat kulit Anda tampak lebih cantik karena ia kaya akan asam amino glisin, prolin, dan juga kolagen yang akan membuat kulit Anda terlihat muda sekaligus mampu melawan tanda-tanda penuaan dini di kulit seperti selulit, keriput, dan kulit kendur.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Kaldu tinggi akan mineral yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang saja, melainkan kaldu juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Kandungan gelatin dan kolagen didalamnya bermanfaat untuk membuat usus Anda tetap sehat. Sedangkan asam amino berfungsi untuk melindungi lapisan usus sekaligus meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

4. Membuat sistem kekebalan tubuh meningkat
Apakah Anda tahu kenapa makan sup paling banyak dikonsumsi ketika musim dingin atau musim hujan? Selain mampu menghangatkan tubuh, makan sup juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda pun tidak mudah untuk terserang penyakit.

5. Kaya akan zat anti-inflamasi
Kaldu menyimpan begitu banyak bahan alami yang memiliki manfaat sebagai zat anti-inflamasi. Misalnya, glycine yang mampu mendetoks hati Anda. Sedangkan proline mempunyai peranan penting untuk menjaga kesehatan tulang, ligamen, tendon, dan otot.

Di musim penghujan biasanya tubuh akan mudah sekali untuk terserang penyakit seperti flu, maka alangkah baiknya Anda selalu menyediakan sup atau kaldu hangat di rumah supaya Anda dan keluarga tidak mudah untuk terserang penyakit. Namun perlu di ingat juga ya, sebaiknya Anda tidak menggunakan kaldu yang terbuat dari bumbu instan. Hal ini karena makanan tersebut malah akan berbahaya terhadap kesehatan Anda.