5 Fakta Teh Hijau Ini Harus Anda Ketahui

Teh hijau merupakan salah satu minuman menyehatkan dan termasuk juga minuman yang paling populer didunia. Teh hijau dikatakan minuman menyehatkan karena memang minuman yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun minuman ini populer, nyatanya masih banyak orang yang tidak mengetahui fakta-fakta penting mengenai teh hijau.

Bila memang Anda termasuk orang yang suka sekali dengan teh hijau, maka Anda harus tahu beragam fakta menarik yang terdapat pada teh hijau. Berikut ini merupakan 5 fakta teh hijau yang perlu untuk Anda ketahui.
fakta menarik teh hijau
Secangkir teh hijau via samantha-ashley.com

5 Fakta Menarik dari Teh Hijau


1. Mengandung sedikit kafein
Teh hijau memang mengandung kafein. Akan tetapi kandungan kafein didalamnya tentu tidak sebanyak kafein yang terdapat pada kopi. Bila mulai hari ini Anda sedang berusaha untuk mengurangi konsumsi kafein, maka teh hijau bisa menjadi solusinya. Pada saat Anda mengganti minum secangkir kopi dengan teh hijau, maka pada saat itulah Anda telah mengurangi asupan kafein hingga mencapai dua pertiganya.

2. Melancarkan pernapasan
Teh hijau memiliki kandungan dua alkaloid yang bernama theobromine dan theophylline yang mempunyai struktur molekul sama seperti hal nya kafein. Theobromine dapat merangsang organ jantung dan memiliki sedikit sifat diuretik. Meskipun begitu, zat ini juga diketahui mampu mencegah batuk dan melegakan otot pada sistem pernapasan. Sedangkan zat theophylline bermanfaat untuk melemaskan otot bronkus sehingga mampu melancarkan pernapasan.

3. Meningkatkan fungsi kognitif
Didalam teh hijau terdapat satu zat istimewa yang bernama asam amino L-theanine. Zat ini telah diketahui memiliki efek yang baik guna merangsang mental dan juga kemampuan fokus seseorang. Asam amino ini bekerja untuk meningkatkan serotonin dan dopamin pada otak yang sekaligus dapat memberikan perlidungan terhadap otak, meningkatkan kemampuan kognitif, daya ingat, serta kemampuan belajar. L-theanine yang bila dipadukan dengan kafein secukupnya ternyata akan memberikan efek dua kali lipat lebih besar.

4. Meningkatkan metabolisme
Teh hijau mengandung cukup banyak antibiotik alami dan klorofil yang bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan pernapasan. Kandungan stimulan didalam teh hijau juga akan membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Sedangkan antioksidan akan membantu Anda untuk mencegah peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Kafein dalam teh tidak membuat gelisah
Orang-orang yang sensifif terhadap kafein terkadang bisa membuat seseorang menjadi gelisah dan cemas. Gejala seperti ini biasanya dikenal dengan istilah coffe jitters. Namun, hal seperti itu rupanya tidak berlaku untuk teh hijau. Meskipun teh hijau mengandung kafein, akan tetapi efek samping yang ditimbulkannya tidak sama dengan kafein yang ada pada kopi.

Rupanya itulah 5 fakta menarik dari teh hijau yang mesti Anda ketahui. Kini, Anda sudah tahukan apa saja fakta dan manfaat yang bisa didapatkan dari teh hijau?