6 Manfaat Gelatin Ini Belum Banyak Diketahui

Anda tahu tidak apa itu gelatin? Gelatin adalah salah satu bahan makanan protein yang didapat dari produk hewani. Bahan makanan ini biasanya paling banyak dimanfaatkan untuk membuat kue, kosmetik, dan obat-obatan. Tidak hanya sampai disitu, rupanya gelatin juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja ya manfaatnya? Berikut adalah 6 manfaat gelatin yang sampai saat ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.
manfaat gelatin
Ilustrasi gelatin via gelatine.org
Mendukung kesehatan rambut, kulit dan kuku
Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar gelatin terbuat dari protein yang disebut dengan glisin dan prolin. Kedua protein tersebut mengandung senyawa asam amino yang mempunyai tugas penting untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Kolagen bermanfaat untuk membangun jaringan kulit, mengencangkan kulit, dan juga memproduksi sel-sel kulit. Selain itu, gelatin juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik.

Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat gelatin yang kedua adalah membantu menenangkan sekaligus memperbaiki pencernaan terutama yang erat kaitannya dengan sekresi lambung. Disamping itu, gelatin juga dapat memperbaiki lapisan mukosa di perut dan membantu penyerapan air guna menjaga cairan dalam saluran pencernaan.

Menjaga kesehatan tulang dan persendian
Mengonsumsi gelatin dapat meningkatkan produksi kolagen yang tidak hanya baik untuk kesehatan kulit saja, melainkan juga bagus untuk kesehatan tulang dan persendian Anda. Mengonsumsi gelatin akan membantu Anda mengurangi risiko peradangan, memperkuat tulang, dan meningkatkan kesehatan persendian.

Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang saat ini sedang menjalani program penurunan berat badan dan sekaligus ingin membentuk otot-otot Anda, maka gelatin ini bisa Anda gunakan untuk hal-hal demikian. Pasalnya, gelatin yang terbuat dari protein pada umumnya banyak dikonsumsi oleh para atlit guna menurunkan berat badannya sekaligus membentuk otot-otot mereka. Selain itu, gelatin juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme.

Mencegah keriput
Munculnya keriput pada kulit Anda merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan kolagen. Prolin yang ada pada gelatin sangat baik untuk merangsang produksi kolagen serta melindungi tubuh dari radiasi UV.

Meningkatkan kualitas tidur
Selain prolin, gelatin juga mengandung glisin yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini bisa terjadi dikarenakan zat alami tersebut dapat mengurangi kecemasan sehingga Anda bisa menjadi lebih tenang.

Meskipun belum banyak yang mengetahui gelatin sebagai makanan sehat, akan tetapi gelatin sendiri mempunyai manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh Anda. Meskipun bermanfaat, tetap saja Anda tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.