Inilah 7 Keajaiban Makan Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang diketahui memiliki banyak manfaat terutama bagi tubuh. Buah yang mempunyai nama latin Persea Americana ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tekstur yang dimiliki oleh buah alpukat begitu lembut, creamy, dan tentunya kaya akan rasa. Bila Anda termasuk orang yang sedang berburu lemak sehat, maka alpukat adalah salah satu makanan paling tepat dikarenakan buah yang satu ini banyak mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

Biasanya, buah yang kaya akan nutrisi memiliki banyak manfaat khususnya dalam menyehatkan tubuh. Dan seperti yang Anda ketahui bahwa nutrisi yang terkandung didalam buah alpukat cukup banyak dan beragam. Misalnya, kandungan vitamin B yang tersimpan didalam buah alpukat bermanfaat untuk memerangi penyakit dan infeksi. Selain itu kandungan vitamin C, E, dan phytochemical dalam alpukat pun bisa juga untuk mencegah penyakit kanker.
khasiat buah alpukat
Buah alpukat kaya nutrisi via authoritynutrition.com
Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi manfaat buah alpukat yang mesti Anda ketahui. Penasaran? Yuk, kita simak berikut ini.

7 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan


1. Meningkatkan berat badan
Bila Anda termasuk orang yang memiliki badan terlalu kurus dan mempunyai keinginan untuk meningkatkan berat badan, maka buah alpukat ini bisa menjadi makanan yang paling tepat untuk Anda. Buah alpukat mengandung kalori yang cukup serta memiliki banyak nutrisi yang berguna untuk membantu menaikkan berat badan. Sehingga tidaklah mengherankan bila mengonsumsi buah alpukat merupakan salah satu cara yang paling sehat buat meningkatkan berat badan.

2. Mengontrol gula darah
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk membantu mengatasi resistensi insulin. Dengan demikian, kandungan lemak tak jenuh tunggal itu pun bermanfaat juga untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

3. Mencegah peradangan
Buah alpukat memiliki sejumlah nutrisi yang cukup yang bisa membantu mencegah terjadinya peradangan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah alpukat juga bermanfaat untuk mencegah risiko penyakit yang erat kaitannya dengan peradangan pada tubuh.

4. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat
Saat ini sudah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan minyak alpukat untuk melembabkan kulit dan membuatnya tampak lebih bercahaya. Disamping itu, alpukat juga mempunyai nutrisi penting yang dapat menjadikan rambut Anda tetap sehat dan indah. Vitamin E yang dimilikinya pun bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi berbahaya ultra violet.

5. Menyehatkan mata
Buah alpukat mengandung zat antioksidan yang tinggi seperti lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa alami tersebut bermanfaat untuk melindungi mata supaya tetap sehat, memperkecil risiko penyakit mata, dan menjaga ketajaman pelinghatan mata Anda.

6. Menurunkan kolesterol
Makan alpukat dapat membantu mengurangi kolesterol jahat didalam tubuh. Bila Anda mengonsumsinya secara rutin selama satu minggu akan mampu menurunkan kolesterol jahat hingga sebanyak 22% sekaligus meningkatkan kolesterol baik sampai 11%. Anda tentunya sudah tahu bahwa kolesterol yang tinggi merupakan salah satu faktor utama yang dapat memicu sakit jantung.

7. Mengurangi risiko cacat pada bayi
Buah alpukat merupakan salah satu makanan sumber folat yang baik terutama bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan. Nutrisi ini sangat penting karena bermanfaat untuk melindungi kesehatan janin sehingga memperkecil risiko lahir cacat. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat juga baik dalam hal menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Buah alpukat bisa dikonsumsi secara langsung atau pun diolah terlebih dahulu untuk dijadikan jus alpukat. Selain rasanya yang enak, mengonsumsi alpukat juga akan memberikan banyak nutrisi penting terhadap tubuh Anda. Itulah makanan sehat kali ini untuk Anda, semoga bermanfaat ya...