9 Manfaat Minyak Zaitun yang Harus Diketahui

Sudah sangat sejak lama minyak zaitun dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang sangat menyehatkan. Tidak hanya sekedar untuk digunakan sebagai bahan memasak, ternyata minyak zaitu juga menyimpan banyak manfaat kesehatan yang harus Anda ketahui.

Sebuah penelitian pun telah lama dilakukan untuk mengetahui apa saja manfaat yang tersimpan pada minyak zaitun. Dan ternyata memang benar sekali bahwa minyak zaitun ini mempunyai khasiat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat minyak zaitun.
khasiat minyak zaitun

9 Manfaat Minyak Zaitun


1. Mencegah penyakit jantung
Minyak zaitun bisa dibilang cukup ampuh dalam menurunkan tekanan darah yang sekaligus mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, minyak zaitun juga sangatlah baik sekali untuk mencegah terjadinya penyakit jantung yang seringkali berakhir pada kematian.

2. Mengurangi risiko diabetes
Berbeda dengan jenis minyak lainnya, minyak zaitun mengandung lemak jenuh yang tentunya dapat membantu Anda dalam mencegah diabetes. Bilamana Anda termasuk orang yang beresiko terkena diabetes, cobalah untuk mengonsumsi dua sendok minyak zaitun di setiap harinya. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang setiap hari mengonsumsi dua sendok minyak zaitun akan menurunkan risiko diabetes sampai 50%.

3. Mencegah kanker
Minyak zaitun mempunyai kadar antioksidan dan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E ini sangatlah penting untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel tumor pada tubuh.

4. Mencegah depresi
Sebuah penelitian juga telah mengungkapkan bahwa minyak zaitun ini rupanya dapat mencegah depresi. Oleh sebab itu, minyak zaitun sangat baik dikonsumsi untuk mencegah depresi.

5. Kesehatan tulang
Mengonsumsi minyak zaitun membuat tubuh mampu menyerap lebih banyak kalsium. Dalam rangka memelihara kesehatan tulang, hal ini tentunya sangat baik untuk dilakukan.

6. Meredakan konstipasi
Anda sering mengalami konstipasi? Mulai dari sekarang cobalah untuk mengonsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun disinyalir dapat membantu pencernaan dan sekaligus mampu mencegah konstipasi serta melancarkan sistem pencernaan.

7. Meningkatkan kekuatan otak
Sebuah penelitian juga berhasil mengungkapkan bahwa bila dibandingkan dengan minyak lainnya, orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki kekuatan otak yang lebih baik. Hal ini rupanya erat sekali kaitannya dengan kemampun minyak zaitun dalam mengatur aliran darah dan tekanan darah didalam tubuh.

8. Mengontrol aliran darah
Minyak zaitun mengandung vitamin E yang akan membantu mengontrol aliran darah. Hal ini bisa terjadi karena minyak zaitun bekerja dengan cara mengurangi tumpukkan kolesterol dalam darah dan menjaga darah supaya tetap stabil.

9. Lebih aktif
Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin ternyata bisa membantu seseorang untuk lebih aktif dalam beraktivitas. Mengonsumsi minyak zaitun setidaknya 2 sendok dalam sehari akan meningkatkan kemampuan otak sehingga Anda menjadi lebih aktif.

Ternyata banyak juga ya manfaat minyak zaitun ini. Mulai dari sekarang jangan pernah ragu lagi untuk mengonsumsi makanan sehat yang satu ini. Dengan manfaatnya yang begitu besar, rugi rasanya kalau Anda meninggalkannya begitu saja.