Jaga Perut Anda Dengan 7 Makanan Sehat Ini

Tahukah Anda bahwa kesehatan tubuh secara keseluruhan ditentukan oleh kesehatan perut dan juga sistem pencernaan lho. Semakin baik kondisi kesehatan perut dan sistem pencernaannya, maka akan semakin baik pula kondisi kesehatan tubuh kita. Setiap makanan yang masuk kedalam perut kita memberikan kontribusi yang cukup besar dalam menentukan kesehatan tubuh. Sehingga, kita harus lebih esktra lagi untuk memerhatikan setiap makanan yang masuk kedalam perut.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan supaya perut tetap dalam kondisi sehat. Salah satu cara yang paling mudahnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tentunya dapat mendukung kesehatan sistem pencernaan. Apa saja makanan sehat tersebut? Mari kita simak bersama dibawah ini.
jaga perut dengan makanan sehat

7 Makanan Ini Membuat Perut Anda Tetap Sehat

1. Buah dan sayur
Bagaimanapun juga, buah dan sayur tetaplah makanan nomer satu yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan kandungan nutrisi didalamnya, membuat kedua makanan tersebut layak mendapat gelar sebagai makanan paling menyehatkan. Mengonsumsi buah dan sayur akan lebih terasa manfaatnya bila kita mengonsumsinya dalam bentuk utuh alias tidak disajikan dalam bentuk jus. Karena, nutrisi yang terkandung didalamnya masih terjaga dengan baik.

2. Gandum
Makanan sehat yang kedua adalah gandum. Di Indonesia sendiri rupanya masih banyak orang yang belum tahu akan manfaat dari makanan sehat yang satu ini. Gandum dimasukkan kedalam kategori makanan sehat karena makanan tersebut kaya akan serat serta nutrisi yang tentunya bermanfaat untuk membersihkan usus.

3. Yogurt
Apakah Anda termasuk orang penikmat yogurt? Selamat, berarti Anda telah melakukan salah satu hal yang dapat membuat sistem pencernaan Anda dalam kondisi terbaiknya. Meskipun bagi beberapa orang susu termasuk sulit dicerna, akan tetapi hal itu tidak berlaku untuk yogurt. Selain rasanya yang enak, yogurt juga dapat dicerna dengan baik. Bahkan, kandungan bakteri sehat didalamnya bisa mendukung sistem pencernaan kita.

4. Air kelapa
Setelah seharian beraktivitas, tubuh akan mulai terasa lelah. Hal ini mengindikasikan bahwa tubuh kita perlu beristirahat. Supaya tenaga yang hilang segera kembali, jangan lupa untuk minum air kelapa. Selain baik untuk mengembalikan tenaga, air kelapa juga mempunyai kandungan nutrisi yang mampu membuat usus Anda bekerja dengan baik.

5. Jahe
Sudah sejak lama jahe dikenal mempunyai khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, mengonsumsi jahe dapat membuat sistem pencernaan kita tetap sehat sekaligus membantu mengontrol kadar keasaman dalam perut.

6. Air putih
Air putih sangatlah penting bagi tubuh kita, karena hampir 70% lebih tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan disetiap harinya. Selain menjaga tubuh supaya tidak kekurangan cairan (dehidrasi), minum air putih juga dapat mengeluarkan racun yang ada pada sistem pencernaan. Sehingga sistem pencernaan kita pun akan menjadi lebih bersih dan sehat.

7. Protein tanpa lemak
Makanan yang kaya akan protein sangat diperlukan untuk pembentukan otot. Namun, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung protein tanpa lemak. Karena makanan tersebut dapat menjaga usus supaya tetap sehat. Beberapa makanan yang kaya akan protein serta mudah dicerna adalah ikan dan telur.

Nah, itulah 7 makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan perut Anda. Mulai dari sekarang, jangan pernah lupa untuk memasukkan beberapa makanan sehat diatas kedalam daftar menu makanan Anda disetiap harinya.

Simak juga artikel yang satu ini ya, 7 manfaat makan selai kacang bagi kesehatan