7 Manfaat Makan Selai Kacang Bagi Kesehatan

Pola hidup sehat memang tidak pernah lepas dari yang namanya sarapan pagi. Karena dengan sarapan inilah Anda akan lebih siap dan lebih bertenaga untuk melakukan beragam aktivitas sehari-hari. Salah satu makanan yang seringkali hadir dalam menu sarapan pagi adalah roti. Selain lebih mudah, sarapan pagi dengan roti juga sangatlah pas untuk mengganjal perut sampai jam istirahat nanti, apalagi kalau roti tersebut diberi olesan kacang, selain lebih nikmat tentunya juga lebih sehat lho.

Tahu tidak kenapa selai kacang bisa menyehatkan? Selai kacang mengandung sejumlah protein dan lemak sehat yang dapat membantu mengurangi berat badan berlebih, mencegah terjadinya penyakit Alzheimer, dan juga diabetes. Selain itu, masih banyak lagi manfaat selai kacang bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat lainnya dari selai kacang.
Manfaat Selai Kacang Bagi Kesehatan
Ilustrasi selai kacang via Thinkstock
1. Menekan rasa lapar
Makan roti kemudian diolesi selai kacang terbukti dapat membantu Anda untuk mengontrol rasa lapar sehingga nantinya tubuh Anda akan terbebas dari kenaikan berat badan.

2. Menyehatkan jantung
Tidak hanya sebagai teman roti, selai kacang juga ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

3. Mencegah pembentukan batu empedu
Sebuah penelitian telah menujukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi selai kacang lima porsi atau lebih disetiap minggunya mempunyai risiko 30% lebih rendah untuk terkena penyakit batu empedu.

4. Mencegah Alzheimer
Dibalik rasanya yang begitu lezat, sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa kandungan niasin didalamnya mampu menurunkan risiko penyakit Alzheimer sampai 70%.

5. Kaya nutrisi
Selain tinggi akan protein dan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan juga stroke, kacang juga mempunyai kandungan serat alami yang baik untuk kesehatan usus. Belum lagi dengan mineral magnesium yang berguna untuk memperkuat tulang dan otot.

6. Kaya lemak sehat
Lemak sehat yang terkandung pada selai kacang cukup tinggi lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang rajin mengonsumsi selai kacang mempunyai lebih sedikit jumlah lemak di perut bila dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi selai kacang.

7. Menurunkan risiko diabetes
Menurut penelitian kesehatan yang telah diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, mengonsumsi kacang mampu mengurangi risiko diabetes.

Nah, itu dia 7 manfaat selai kacang untuk kesehatan Anda. Mulai dari sekarang, jangan lupa untuk mengoleskan selai kacang pada roti gandum Anda ya, Selamat mencoba...

simak juga makanan sehat lainnya ya, kulit tampak lebih cantik dengan 7 makanan ini