5 Makanan Ini Bantu Anda Hilangkan Bad Mood

Setiap orang tentunya pernah mengalami yang namanya bad mood dan Anda pun tentunya pernah mengalami juga, kan?  Nah, kondisi seperti ini bisa terjadi karena dipicu oleh adanya beberapa hal, seperti stres, mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, atau bisa juga karena mempunyai masalah tertentu.

Bila suatu saat nanti Anda mengalami kejadian seperti ini, seperti bad mood misalnya. Maka, Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal yang nantinya dapat membuat Anda merasa jauh lebih baik. Salah satu cara yang bisa membantu mengusir bad mood yang sedang melanda adalah dengan mengonsumsi makanan. Tahukah Anda apa saja makanan tersebut? Berikut adalah 5 makanan sehat yang dapat membantu suasana hati dan pikiran Anda menjadi lebih baik.
5 Makanan Ini Hilangkan Bad Mood
Nikmatnya yogurt via bbcgoodfood.com
1. Asam Lemak Omega-3
Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah makanan pertama yang mampu mengusir bad mood Anda. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi makanan kaya akan omega-3 mampu mengurangi tingkat depresi yang dideritanya. Selain itu, omega-3 juga diklaim mampu memengaruhi mood dengan cara mengurangi peradangan pada bagian otak yang bernama cytokinesis. Makanan yang cukup terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 didalamnya adalah ikan salmon, sarden, makarel, dll.

2. Vitamin D
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan vitamin D yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tulang. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa vitamin D ternyata bisa bermanfaat juga untuk menghalau bad mood. Menurut penelitian, vitamin D mampu meredakan masalah mental yang ada kaitannya dengan mood seseorang. Vitamin D diketahui mampu meningkatkan serotonin yang merupakan zat kimia didalam otak yang mempunyai tugas untuk mengatur mood.

Untuk memperoleh vitamin D dari makanan, Anda bisa mendapatkannya dari susu kedelai, kuning telur, dan juga susu rendah lemak. Atau bisa juga dengan cara berjemur di pagi hari untuk merasakan hangatnya mentari pagi.

3. Vitamin B12
Seseorang yang tidak mampu mencukupi kebutuhan vitamin B12  dengan baik biasanya akan mempunyai masalah yang cukup serius yang tidak hanya melibatkan bagian fisik saja, melainkan akan mengganggu juga pada psikis seseorang seperti halnya depresi atau merusak fungsi mental. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 30% pasien yang tengah dirawat di rumah sakit mengalami depresi akibat kekurangan vitamin B12. Dengan demikian, mencukupi kebutuhan vitamin B12 di setiap harinya akan membantu Anda untuk mengusir bad mood. Makanan yang diketahui memiliki kandungan vitamin B12 diantaranya adalah daging sapi tanpa lemak, salmon, kepiting, tiram, yogurt rendah lemak, dan susu.

4. Folat
Folat merupakan salah satu bentuk dari vitamin B yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mood dan juga meredakan rasa lelah. Untuk mendapatkan asam folat, sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam juga bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan folat harian Anda.

5. Sarapan
Bagaimanapun juga sarapan merupakan aktivitas pagi hari yang tidak boleh di lewatkan. Penelitian menujukkan bahwa sarapan akan membantu Anda memberikan energi lebih untuk dapat melakukan aktivitas seharian yang sekaligus dapat meningkatkan mood Anda. Sarapan yang baik adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oat, gandung, ataupun sereal. Selain itu jangan lupa juga untuk mendapatkan protein dari susu, telur, atau kacang.

Nah, itulah 5 makanan sehat yang bisa membantu mengusir bad mood Anda. Semoga ulasannya bermanfaat ya...