6 Manfaat Penting yang Tersimpan Dari Minyak Ikan

Anak-anak yang sedang menjalani masa pertumbuhan sangatlah disarankan untuk mengonsumsi minyak ikan. Pasalnya, minyak ikan sangat kaya akan asam lemak omega 3 yang tentu saja bermanfaat sekali untuk meningkatkan kesehatan yang sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, masih ada lagi beberapa manfaat penting lainnya yang memang bisa diperoleh dari mengonsumsi minyak ikan. Berikut ini beberapa manfaat penting yang tersimpang dari minyak ikan.
manfaat penting minyak ikan
Minyak ikan via fishoilreview.net
Meningkatkan fungsi otak
Sampai saat ini telah banyak penelitian kesehatan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan akan meningkatkan perkembangan otak bagi seorang anak autis. Bahkan baru-baru ini, dr Alex Richardson dari Oxfords Centre for Evidence-Based Intervention menemukan bahwa seorang anak autis yang telah mengonsumsi minyak ikan selama 16 minggu mengalami peningkatan terutama dalam berprilaku serta kelancaran mereka dalam perilaku kognitif.

Meningkatkan kekuatan memori
Sebuah penelitian rupanya telah menerbitkan dalam jurnal Neurology yang menyatakan bahwa mengonsumsi minyak ikan akan mampu meningkatkan volume otak yang memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan memori dan juga melindungi otak dari demensia. Selain itu, omega 3 juga akan mampu mengurangi terjadinya pembentukan plak di otak yang nantinya akan memicu timbulnya penyakit Alzheimer.

Meningkatkan penglihatan
Sebuah percobaan pun pernah dilakukan di Harvard University yang hasilnya menunjukkan bahwa tikus yang kurang mengonsumsi asam lemak omega 3 ternyata menderita pendarahan retina yang menyebabkan degenerasi makula dan juga kebutaan. Oleh karena itu, para ahli kesehatan pun menyarankan Anda untuk mengonsumsi minyak ikan supaya penglihatan mata Anda menjadi lebih meningkat dan mencegah terjadinya mata kering.

Mencegah terjadinya serangan jantung
Minyak ikan mengandung omega 3 yang telah dikenal memiliki manfaat untuk mengurangi peradangan arteri yang bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung. Selain daripada itu, minyak ikan juga mengandung antikoagulan yang bermanfaat buat meningkatkan aliran darah.

Mencegah keguguran
Sebuah penelitian juga telah menujukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan pada saat hamil bermanfaat untuk mengurangi terjadinya peradangan plasenta yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Selain itu manfaat lain dari minyak ikan adalah membantu meningkatkan pertumbuhan sel otak janin.

Menguatkan sendi
Manfaat minyak ikan selanjutnya adalah membantu menguatkan persendian. Hal ini bisa terjadi karena minyak ikan mempunyai sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi rheumatoid yang bisa memicu rasa sakit dan pembengkakan pada persendian.

Saat ini banyak sekali minyak ikan hadir dalam bentuk suplemen, sehingga hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk dapat mengonsumsinya. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat minyak ikan secara langsung melalui ikan salmon.