6 Manfaat Kesehatan Dari Segelas Susu Almond

Selain susu sapi, kita juga mengenal yang namanya susu kedelai. Namun, untuk saat ini bukan kedua jenis minuman tersebut yang akan menjadi pembahasan kita kali ini, melainkan susu almond lah yang akan menjadi pembahasan menarik pada saat ini.

Pernahkah Anda mendengar susu almond? Mungkin hanya sedikit orang saja yang mengetahuinya. Padahal, saat ini susu almond telah menjadi tren lho khususnya dikalangan ibu-ibu muda. Susu yang terdiri dari kandungan vitamin E, lemak baik, serta asam folatnya yang cukup tinggi menjadikan susu almond termasuk kedalam salah satu minuman sehat favorit terutama bagi mereka yang sangat peduli dengan pola hidup sehat.
manfaat susu almond
Ilustrasi susu almond via santosaphuket.com
Proses pembuatan susu almond rupanya tidak melibatkan suhu tinggi, sehingga hasilnya adalah susu almond segar dan sehat karena memiliki enzim dan kandungan gizinya yang masih utuh karena tidak melewati proses pemanasan.

Untuk membuat susu almond, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan merendam kacang almond semalaman. Haluskan dengan blender, lalu saring. Selesai deh. Gimana, gampang bukan? Untuk menambahkan rasa manis, sebaiknya tambahkan saja kurma atau madu.

6 Manfaat Susu Almond Terhadap Kesehatan

Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dari susu almond ini? Berikut adalah 6 manfaat susu almond yang baik bagi kesehatan.

1. Membuat jantung tetap sehat
Susu almond tidak memiliki kolesterol dan juga lemak jenuh. Namun, susu almond ini rendah akan sodium dan tinggi akan asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah sekaligus mencegah risiko penyakit kardiovaskular.

2. Menguatkan tulang
Susu almond memang tidak begitu banyak memiliki kandungan kalsium seperti yang ada pada susu sapi. Namun, minum segelas susu almond secara rutin mampu memenuhi kebutuhan kalisum harian Anda hingga mencapai 30%. Selain itu susu yang terbuat dari kacang almond ini juga kaya akan kandungan vitamin D yang dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis dan arthritis.

3. Mengendalikan berat badan
Tahukah Anda, dalam segelas susu almond hanya mengandung 60 kalori saja. Hal ini tentu berbeda dengan susu sapi yang mengandung 146 kalori. Bila Anda sedang menjalani proses penurunan berat badan, namun tetap ingin mengonsumsi susu cobalah untuk memilih susu almond saja.

4. Menjaga kesehatan otot
Bukan hanya kaya akan vitamin D saja, susu almond juga mengandung zat besi dan vitamin B seperti riboflavin yang berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan otot tubuh Anda.

5. Kaya nutrisi
Susu almond masuk kedalam salah satu minuman menyehatkan karena memang susu yang satu ini kaya akan nutrisi. Beberapa nutrisi penting tersebut diantaranya adalah seng, magnesium, kalium, mangan, dan tembaga.

6. Kaya akan zat antioksidan
Kandungan vitamin E dan juga flavonoid yang ada pada susu almond mempunyai sifat sebagai antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan kanker, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan juga memperlambat proses penuaan dini.

Bagaimana menurut Anda, cukup banyak bukan manfaat susu almond untuk kesehatan? Untuk itu, jangan pernah ragu untuk menjadikan susu almond sebagai salah satu menu makanan sehat Anda disetiap harinya. Selamat menikmati...

 Baca juga artikel menarik sebelumnya ya, 12 manfaat seledri bagi kesehatan