Sering Insomnia? Cobalah Hindari 5 Makanan Ini

Insomnia merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa tidur dimalam hari. Kondisi seperti ini bila dibiarkan berlarut-larut akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan karena tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Insomnia yang dialami oleh seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah disebabkan oleh makanan yang dikonsumsinya.

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa makanan tertentu dapat membuat seseorang cepat tidur. Oleh karena itu, ada juga beberapa makanan yang bila dikonsumsi malah membuat Anda semakin kesulitan untuk bisa tidur. Apakah Anda tahu apa saja jenis makanan yang menyebabkan seseorang susah tidur? Yuks, langsung disimak saja ulasannya seperti dibawah ini.
makanan penyebab susah tidur
Keju salah satu makanan fermentasi via gde-fon.com
1. Kafein
Semua orang tentu telah mengetahui bahwa yang namanya kafein bisa membuat seseorang merasa kesulitan untuk tidur. Oleh karena itulah pada waktu menjelang tidur Anda tidak disarankan untuk minum kopi atau pun minum minuman bersoda. Bila Anda adalah orang yang sangat sensitif dengan kafein, sebaiknya hindari minuman atau obat-obatan yang mengandung kafein.

2. Air
Air memang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus menjaga kulit Anda supaya tidak kering. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi air di malam hari akan membuat Anda lebih sering terbangun di malam hari karena ingin melakukan buang air kecil. Sebaiknya, konsumsi air putih secukupnya kurang lebih satu jam sebelum beranjak tidur.

3. Alkohol
Ada orang yang beranggapan bahwa minum-minuman beralkohol akan membantu seseorang untuk bisa tidur. Padahal, anggapan seperti itu tidaklah benar. Mungkin alkohol membuat Anda tertidur, akan tetapi kualitas tidur yang didapatkan sangatlah rendah dan nantinya Anda pun akan lebih sering terbangun di malam harinya. Jadi, meskipun alkohol bisa membuat seseorang tertidur, akan tetapi hal tersebut tidak akan membuat seseorang merasa lebih baik ketika bangun dari tidurnya.

4. Makanan dari tomat
Seperti yang telah Anda ketahui bahwa tomat mengandung banyak asam didalamnya. Bila dikonsumsi pada malam hari, hal itu akan membuat perut Anda menjadi kurang nyaman. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan mengandung tomat supaya Anda tidak kesulitan untuk tidur.

5. Makanan fermentasi
Tahukah Anda kenapa makanan fermentasi bisa membuat seseorang kesulitan untuk tidur? Karena makanan fermentasi mengandung zat Tyramine yang dapat merangsang otak sehingga membuat seseorang sulit untuk tidur. Beberapa makanan fermentasi yang sebaiknya dihindari diantaranya adalah ikan asap, daging asap, keju, dan yang lainnya.

Bila Anda ingin terbebas dari insomnia, salah satu cara yang paling mudahnya adalah dengan menghindari 5 jenis makanan yang telah disebutkan diatas. Jadi, pastikan Anda menghindarinya ya...