6 Jenis Makanan Sehat Ini Bisa Menjadi Racun Bagi Tubuh

Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap makanan sehat akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Hal ini karena makanan sehat mengandung gizi dan nutrisi yang mampu memberikan beragam manfaat guna menjaga tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Jenis makanan yang masuk kedalam kategori makanan sehat diantaranya adalah buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini memang pantas menyandang predikat makanan sehat karena gizi yang tersimpan didalamnya sangatlah baik untuk tubuh.
makanan sehat beracun
Ilustrasi jamur liar via telegraph.co.uk
Namun, tahukah Anda bahwa makanan sehat tersebut ternyata berpotensi juga lho untuk menjadi racun bagi tubuh. Berikut ini terdapat 6 makanan sehat yang bisa menjadi racun bagi tubuh Anda.

1. Singkong
Singkong merupakan salah satu jenis makanan umbi-umbian yang kaya akan kalori, serat, dan mineral. Meskipun memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, akan tetapi sebaiknya hindari mengonsumsi singkong secara langsung dalam keadaan masih mentah. Sebab, singkong yang masih mentah mempunyai kandungan glikosida sianogen yang nantinya akan menjadi racun bagi tubuh Anda. Untuk menghilangkan racun didalam singkong, caranya adalah dengan merendam terlebih dahulu kemudian dibersihkan. Setelah itu, barulah keringkan singkong tersebut.

2. Jamur liar
Kandungan gizi yang tersimpan dalam jamur sangatlah tinggi. Namun, perhatikan pula jenis jamur yang akan Anda konsumsi. Sebab, beberapa jenis jamur liar ataupun yang sejenisnya masuk kedalam makanan yang beracun yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

3. Kentang hijau
Kentang merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber karbohidrat yang sehat. Akan tetapi Anda tidak disarankan untuk makan kentang bila kentang tersebut telah berubah warna menjadi hijau. Kentang yang telah berwarna hijau mengindikasikan bahwa kentang tersebut terkena sinar matahari terlalu lama. Sehingga, hal itu akan memicu munculnya solanin atau glycoalkaloid yang mampu membuat sakit kepala, lemas, mual, dan gangguan pencernaan.

4. Ceri
Ceri memiliki bentuk kecil dengan warna yang begitu menggoda. Rasanya yang enak dan menyegarkan membuat orang suka untuk mengonsumsinya. Selain itu ceri juga menyimpan berbagai nutrisi didalamnya yang dapat mendukung kesehatan bagi tubuh Anda. Meskipun begitu, tetap saja Anda tidak boleh mengonsumsi ceri dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan buah ceri mengandung glikosida sianogen terutama pada bagian bijinya, yang mana bila dikunyah akan melepaskan sianida.

5. Tomat
Sebagian besar orang telah mengetahui bahwa tomat bagus untuk kesehatan. Selain itu, kandungan antioksidan didalamnya pun mampu mencegah terjadinya kanker. Namun hanya sedikit saja yang tahu bahwa tomat ternyata mengandung atropin yang merupakan salah satu zat beracun yang dapat membuat seseorang merasa pusing dan sakit perut.

6. Pala
Pala yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ternyata bisa membahayakan kesehatan juga lho bila dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi. Pasalnya, pala mengandung myristicine yang merupakan zat yang mampu menyebabkan seseorang pusing, muntah, sakit kepala, dan halusinasi.

Itulah 6 jenis makanan sehat yang bisa menjadi racun bagi tubuh Anda. Sesehat apapun makanannya, bila dikonsumsi berlebihan tetap saja tidak baik dan dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat ya...