7 Makanan Ini Bantu Bersihkan Lidah

Lidah merupakan indera pengecap yang tentu saja memiliki peranan yang sangat penting. Sebagai indra pengecap, lidah berfungsi untuk merasakan suatu makanan yang akan masuk kedalam perut kita. Tanpa lidah, kita tidak akan pernah tahu mana makanan yang mempunyai rasa manis, asam, asin, dan pahit. Oleh karena itu menjaga lidah supaya tetap berfungsi secara maksimal sangatlah diperlukan.

Terkadang lidah dapat tertutupi oleh lapisan berwarna putih. Lapisan putih tersebut dapat terjadi karena kita kurang maksimal dalam membersihkan mulut dan gigi. Bila hal ini tetap dibiarkan, maka lapisan putih tersebut dapat menurunkan fungsi lidah sebagai indera pengecap.
makanan yang dapat membersihkan lidah
Biskuit lezat via taste.com.au
Untuk membersihkah lidah bisa dengan menggunakan alat pembersih lidah yang banyak dijual di pasaran. Namun, ada juga beberapa makanan yang ternyata dapat membantu membersihkan lidah kita. Apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut merupakan 7 makanan yang dapat membersihkan lidah kita.

1. Apel
Tidak hanya enak, apel juga dapat menghilangkan karang gigi dan juga membersihkan lidah kita dari lapisan putih. Hal ini bisa terjadi karena pada saat mengunyah apel, maka pada saat itulah akan terjadinya produksi air liur berlebih yang pada akhirnya bermanfaat untuk membersihkan mulut.

2. Air lemon
Air hangat yang kemudian dicampurkan dengan beberapa tetesan lemon juga mampu membersihkan lapisan putih di lidah. Selain menggunakan tetesan lemon, air jeruk nipis juga mempunyai fungsi yang sama dengan lemon.

3. Seledri
Tidak hanya memanfaatkan buah-buahan, beberapa jenis sayuran pun juga bisa membersihkan lidah kita secara alami. Salah satu jenis sayuran yang bermanfaat untuk membersihkan lidah adalah seledri. Selain itu mengunyah seledri juga mempunyai manfaat lainnya lho, yaitu untuk mencegah halitosis atau bakteri yang sering menempel pada lidah.

4. Susu
Sebagian besar orang tidak tahu kalau minum susu itu ternyata dapat diandalkan untuk membersihkan lidah kita dari lapisan berwarna putih. Selain daripada itu, susu juga mempunyai kandungan asam lemak yang mampu menetralisir keadaan mulut kita yang diakibatkan oleh makanan pedas.

5. Teh hijau
Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang paling populer diseluruh dunia. Minuman yang diseduh dari daun teh ini telah dikenal oleh masyarakat dunia mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, minum teh hijau juga dapat membantu membersihkan lidah kita secara alami. Bila ingin minum teh hijau sebaiknya diminum dalam keadaan hangat dan jangan terlalu banyak menambahkan pemanis.

6. Biskuit
Biskuit yang terbuat dari tepung ternyata efektif juga lho untuk membersihkan lidah kita. Disamping itu, makan biskuit juga akan mampu menyingkirkan semua rasa di lidah.

7. Roti dan air
Makanan terkahir yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan lidah dari lapisan putih adalah roti yang di kombinasikan dengan air. Makan roti dapat menyerap lemak di lidah sedangkan air bermanfaat untuk membilasnya.

Itulah 7 makanan sehat yang ternyata dapat membantu membersihkan lidah kita dari lapisan berwarna putih. Lapisan berwarna putih ini jangan terus-terusan dibiarkan begitu saja lho. Karena selain mengurangi fungsi indera pengecap itu sendiri, lapisan putih itu juga berpotensi untuk menimbulkan penyakit berbahaya.