14 Manfaat Buah Srikaya Ini Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Srikaya Bagi Kesehatan - Srikaya adalah salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari negara tropis. Di Indonesia, buah yang satu ini sangatlah mudah sekali untuk ditemui. Buah yang mempunyai nama latin Annona squamosa L ini bila dilihat secara sekilas memiliki bentuk buah dan daun yang hampir mirip dengan buah sirsak. Selain rasanya yang begitu lezat dan menyegarkan, buah srikaya juga menyimpan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

manfaat buah srikaya
Srikaya kaya akan zat antioksidan yang tentu saja zat tersebut sangat diperlukan oleh tubuh karena bermanfaat untuk membantu menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh. Disamping itu, kandungan mineral yang dimiliki oleh buah srikaya seperti kalsium, magnesium, potasium, niasin, dan zat besi merupakan beberapa nutrisi yang penting guna menjadikan tubuh Anda supaya tetap sehat dan bugar.

Bila Anda rajin mengonsumsi buah srikaya, maka berikut ini merupakan beberapa manfaat buah srikaya yang nantinya akan Anda dapatkan.

Baik untuk masa kehamilan
Selama masa kehamilan, makanan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Semakin baik makanan yang dikonsumsi pada saat hamil, maka akan semakin bagus pula kesehatan ibu dan janin yang berada dikandungnya. Buah srikaya merupakan satu dari sekian banyak makanan sehat yang baik dikonsumsi pada saat hamil. Mengonsumsi buah srikaya ketika masa kehamilan baik untuk kesehatan otak, sistem saraf, dan juga sistem kekebalan tubuh janin.

Menambah berat badan
Bagi Anda yang saat ini sedang berusaha menambah berat badan, maka mengonsumsi buah srikaya merupakan salah satu cara yang sehat untuk membuat berat badan Anda bertambah. Hal ini dikarenakan mengonsumsi srikaya secara rutin akan membantu meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh.

Baik untuk penderita diabetes
Buah srikaya kaya akan kandungan serat yang bermanfaat untuk membantu memperlambat proses penyerapan gula. Dengan begitu, srikaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes sekaligus mengurangi risiko diabetes.

Menjaga kesehatan jantung
Srikaya mempunyai kandungan mineral magnesium yang baik untuk kesehatan jantung. Sehingga buah srikaya mampu meminimalisir risiko penyakit jantung.

Mengobati asma
Vitamin B6 yang dimiliki oleh buah srikaya cukup tinggi dan itu baik untuk mengurangi peradangan paru-paru dan menyembuhkan penyakit asma.

Menjaga tekanan darah
Mineral magnesium dan potasium yang dimiliki oleh buah srikaya bermanfaat guna menjaga tekanan darah Anda tetap berada pada batas normal.

Meningkatkan sistem pencernaan
Kandungan serat dan tembaga pada srikaya cukup tinggi sehingga hal itu akan memudahkan buang air besar dan juga menyehatkan sistem pencernaan.

Menyehatkan gigi dan mulut
Mengonsumsi buah srikaya tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda saja, melainkan ia juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Kulit srikaya juga bermanfaat untuk membantu memerangi rasa sakit pada gigi dan gusi.

Mengobati anemia
Buah srikaya memang memiliki mineral zat besi didalamnya. Selain itu srikaya juga berfungsi sebagai stimulan, haematnic, dan eskpektoran yang semuanya itu bermanfaat untuk mengatasi anemia.

Menurunkan kolesterol
Srikaya mempunyai kandungan niasin dan serat yang tentu saja bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menyehatkan mata
Kandungan vitamin C dan juga riboflavin pada buah srikaya bermanfaat untuk kesehatan mata. Zat ini juga efektif untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan penglihatan Anda.

Melawan mual saat hamil
Seorang yang sedang menjalani masa kehamilan biasanya sering mengalami rasa mual. Nah, mengonsumsi buah srikaya ini akan mampu mengurangi rasa mual tersebut.

Mencegah arthritis
Kandungan magnesium dalam buah srikaya dapat menyeimbangkan kadar air dalam tubuh yang tentu saja bermanfaat dalam menghilangkan asam dari sendi penyebab arthritis.

Mencegah kanker
Buah srikaya juga mengandung zat acetogenin yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker terutama kanker kulit.

Itulah 14 manfaat buah srikaya yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Tertarik untuk mencobanya? Konsumsi sekarang juga dan pastikan Anda tidak mengonsumsi srikaya dalam jumlah yang berlebihan.